Bacaan hari ini: Bilangan 23:4-30

“Ketahuilah, aku mendapat perintah untuk memberkati dan apabila Dia memberkati, maka aku tidak dapat membalikkannya.” (Bilangan 23:20)

Setiap orang menginginkan berkat, baik dia laki-laki atau perempuan, anak-anak hingga orang tua. Setiap orang tentu berharap dapat menerima berkat bukan kutuk, rejeki bukan kesulitan, berkah bukan masalah atau hal buruk lainnya. Oleh karena itu, ada gereja-gereja tertentu mengajarkan bahwa orang Kristen akan diberkati Tuhan sepanjang hidup tanpa mengalami kesukaran, kecelakaan dan sakit penyakit. Lebih ironis, mereka siap mengklaim setiap janji berkat Tuhan dan menyatakan tidak akan percaya kepada Tuhan, bila mereka menjadi miskin dan menderita. Benarkah pengajaran seperti ini? Apakah berkat Tuhan itu selalu identik dengan kemakmuran, kesuksesan, kekayaan, kesehatan, dan hidup tanpa pergumulan?

Bacaan hari ini mengisahkan pengalaman Bileam, yang diminta oleh Balak untuk mengutuk bangsa Israel. Balak ketakutan dan berusaha untuk menghalangi perjalanan Israel menuju tanah Kanaan. Alih-alih mengutuki umat Tuhan, Bileam, pada akhirnya justru berbalik dan memberkati bangsa Israel setelah berhadapan langsung dengan Tuhan. Dalam perjalanannya, Bileam berjumpa dengan malaikat Tuhan, sehingga keledai yang ia naiki menyimpang dari jalan yang seharusnya dilalui. Sangat jelas bahwa Tuhan adalah pelindung umat-Nya dari hal-hal buruk yang direncanakan oleh manusia, sehingga Allah mencegah Bileam melakukan hal yang bertentangan dengan kehendak-Nya.

Berkat terbesar yang dapat dipelajari melalui bacaan hari ini adalah tentang kehadiran Allah saat umat-Nya terancam. Terkadang Tuhan tidak selalu memberikan hal-hal baik sebagai berkat. Sering Tuhan mengijinkan hal-hal buruk terjadi dalam hidup umat-Nya. Melaluinya, kita belajar untuk bertumbuh dewasa dalam iman, berserah penuh dan hidup mengandalkan Tuhan serta mempercayai kuasa-Nya, meski banyak hal terlihat mustahil. Orang percaya harus melihat berkat Tuhan dengan sudut pandang iman, bukan hanya yang terlihat baik di depan mata.

STUDI PRIBADI: Berkat apa yang Anda terima di tengah pergumulan yang Tuhan ijinkan? Berkat apakah yang paling Anda syukuri sepanjang minggu ini?

Pokok Doa: Berdoa bagi jemaat yang sedang bergumul dengan masalah kesehatan, ekonomi, keluarga dsb., agar mereka dapat melihat kehadiran dan penyertaan Tuhan sebagai berkat terbesar yang patut disyukuri.