Bacaan hari ini: Yesaya 59
“Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” (Roma 6:23)

Dosa adalah penghalang utama umat Tuhan tidak dapat mendekat kepada Tuhan. Dosa bukan hanya menghalangi mereka mendekati Tuhan, namun juga menghambat mereka menerima berkat Tuhan. Tuhan menyembunyikan wajah-Nya dari umat-Nya dan tidak mendengar doa-doa mereka sebab dosa-dosa mereka teramat banyak (bdk. ayat 2).

Dosa umat begitu besar sehingga seolah-olah melahirkan kejahatan itu sendiri. Nabi Yesaya menyebutkan bahwa orang miskin dan orang yang tidak mampu, tidak menerima keadilan (bdk. Yes. 59:14; 1:17-23; 5:7, 23). Tuhan menghendaki agar umat Tuhan melakukan keadilan terhadap sesamanya, namun mereka justru sebaliknya, melakukan kelaliman dan keonaran. Perhatikan ayat 7-9, dikatakan bahwa: mereka penuh dengan kejahatan, dan rancangan kelaliman, semata-mata jalan yang mereka tempuh menuju kebinasaan dan tidak mengenal jalan damai.

Dalam hal ini, umat Israel harus mengingat bahwa Allah adalah hakim yang adil dan Allah yang murka setiap saat (Mzm. 7:12), jika mereka tidak segera bertobat dan meninggalkan dosa maka hukuman Allah akan segera mereka terima (bdk. Yes. 33:11). Ketika Tuhan melihat keadaan Israel yang demikian, bahwa kebenaran telah hilang dan tidak ada hukum di dalamnya (ay. 15), maka Ia sendiri yang berinisiatif menolong dan menyelamatkan mereka (ay. 16). Ia akan datang sebagai Penebus untuk umat Israel yang sungguh-sungguh mau bertobat dari pemberontakannya (ay. 20). Dalam konteks penebusan waktu itu, Allah telah menyelamatkan bangsa Israel dari pembuangan di Babel dan mereka kembali ke tempat asal mereka. Dalam konteks Perjanjian Baru, Penebusan Allah terhadap dosa umat-Nya telah digenapi dalam diri Tuhan Yesus Kristus (bdk. Rom. 11:26-27).

Bagi kita saat ini sebagai pengikut Kristus, kita harus bersyukur karena penebusan Kristus di atas kayu salib telah menyelamatkan dan juga mengampuni seluruh dosa kita sehingga oleh darah-Nya kita dilayakkan untuk boleh mendekat kepada Bapa dan mendapatkan pertolongan kita pada waktunya (Ibr. 4:16).

STUDI PRIBADI: (1) Menurut Anda, adakah jalan lain yang dapat membebaskan manusia dari dosa selain di dalam Kristus Yesus? (2) Apakah masih ada dosa yang belum Anda akui?
POKOK DOA: Ya Tuhan Yesus, kami bersyukur untuk semua pengorbanan-Mu di atas Kalvari yang membawa keselamatan dan pemulihan bagi hidupku. Tolong kami untuk hidup setia dan taat dalam kehendak-Mu.