Bacaan hari ini: Yeremia 43
“Lalu mereka pergi ke tanah Mesir, sebab mereka tidak mau mendengarkan suara TUHAN…” (Yeremia 43:7)

Bagian ini merupakan respons para pemimpin umat terhadap firman Tuhan yang disampaikan Yeremia kepada mereka (Yer. 42). Bukan berterima kasih karena telah membantu mereka untuk menanyakan kepada Tuhan berkenaan dengan jalan yang harus mereka tempuh dan apa yang harus mereka lakukan, malah mereka menuduh
Yeremia telah berbohong dan memfitnah karena menghasut Barukh untuk menyerahkan mereka ke dalam tangan orang-orang Kasdim, supaya mereka membunuh dan mengangkut mereka ke dalam pembuangan Babel (ayat 2-3).

Mereka tidak mau mendengarkan suara Tuhan untuk tinggal di tanah Yehuda (ayat 4). Sungguh ini merupakan sebuah sikap yang tidak baik dalam meresponi orang yang telah berbuat baik kepada mereka dengan menanyakan petunjuk Tuhan untuk mereka dan terlebih lagi kepada Tuhan yang telah menjawab permintaan mereka. Namun,
sepertinya mereka tidak peduli akan hal itu. Itulah sebabnya dengan sombongnya mereka segera melangkahkan kaki mereka untuk meninggalkan tanah Yehuda untuk pergi ke Mesir. Bahkan, mereka pun dengan kasarnya memaksa Yeremia untuk ikut dengan mereka ke tanah Mesir (ayat 5-6). Demikianlah sikap mereka yang menuruti kemauan sendiri, daripada mengikuti petunjuk dan pimpinan Tuhan. Sesungguhnya, tindakan mereka ini sangat bodoh.

Lalu, bagaimanakah respons Tuhan terhadap sikap mereka tersebut? Tuhan pun merespons tindakan mereka yang tidak menaati-Nya itu dengan menyuruh Yeremia untuk menubuatkan kehancuran Mesir oleh Babel. Tuhan memperingatkan mereka bahwa Dia sendiri akan menghancurkan Mesir yang mereka andalkan dan juga mereka
yang pergi ke sana untuk mencari perlindungan kepadanya.

Dari bagian ini kita belajar bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang begitu panjang sabar kepada kita, setiap umat-Nya. Walaupun kita seringkali mengabaikan segala perintah dan petunjuk-Nya, Tuhan masih menunjukkan kasih-Nya dengan memberikan kepada kita kesempatan untuk bertobat, Amin.

STUDI PRIBADI: (1) Nubuatan apa yang disampaikan nabi Yeremia kepada umat Tuhan? (2) Apakah tujuan dari penyampaian nubuatan ini?
POKOK DOA: Berdoalah untuk setiap orang Kristen agar memiliki kerinduan untuk mau hidup bagi Tuhan dan bersaksi bagi nama-Nya, di manapun dan kapanpun, Amin.