Bacaan hari ini: 1 Korintus 15:12-34

“Jadi, bilamana kami beritakan, bahwa Kristus dibangkitkan dari antara orang mati, bagaimana mungkin ada di antara kamu yang mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan
orang mati?” (1 Korintus 15:12)

Dalam kitab 1 Korintus 15:1-11, Paulus dengan tegas mengatakan bahwa Kristus benar-benar mati, dikuburkan dan bangkit pada hari ketiga, sesuai dengan Kitab Suci. Apabila jemaat di Korintus tidak percaya akan adanya kebangkitan orang mati, maka mereka juga tidak akan percaya bahwa Kristus bangkit dari kematian-Nya; dan jika Kristus tidak dibangkitkan maka sia-sialah setiap pemberitaan dan kepercayaan mereka; seakan-akan semua pemberitaan tentang kebangkitan Kristus tidak benar (ayat 12-15); sehingga tentunya Injil akan menjadi bahan yang tidak ada apa-apanya. Selanjutnya Paulus memberikan argumentasi lain, bahwa “Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung, artinya adalah buah pertama, dari orang-orang yang meninggal. Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia” (ayat 20- 21). Karena Kristus bangkit, pastinya ada kebangkitan orang mati.

Kebangkitan Kristus merupakan fokus utama bagi kebangkitan orang percaya, karena memang dari Kristus-lah yang menjadi awal kebangkitan kita. Tanpa kebangkitan Kristus dari antara orang mati, maka tidak akan pernah ada kebangkitan. Pengajaran dalam Alkitab tentang kebangkitan, semuanya berpusatkan pada kebangkitan Kristus.

Pandangan yang bertentangan dengan kebangkitan Kristus haruslah ditolak sehingga tidak berdampak ke kehidupan orang percaya masa kini, seperti yang dialami oleh jemaat di Korintus, sehingga Paulus menuliskan suratnya untuk menolong iman jemaat yang mengalami kebingungan karena ada di antara mereka yang tidak percaya mengenai kebangkitan.

Melalui Firman Tuhan ini kita kembali belajar dan diingatkan bahwa, Kristus adalah yang pertama bangkit dari antara orang mati dan tidak akan pernah mati lagi. Kita memiliki kepastian bahwa dosa-dosa kita diampuni, Dia-lah yang menjadi pelopor kita, dan kepastian kebangkitan kita yang pada akhirnya menuju kepada kehidupan kekal.

STUDI PRIBADI: (1) Dalam perjalanan iman bersama dengan Tuhan, apakah Anda memiliki keraguan tentang kebangkitan Tuhan? (2) Melalui Firman Tuhan hari ini, bagaimana Anda merespon kebangkitan Kristus?

Pokok Doa: Berdoa bagi setiap jemaat Tuhan agar memiliki kecintaan untuk belajar Firman Tuhan, sehingga tidak digoyahkan dengan pengajaran yang bertentangan dengan kebenaran Firman Tuhan.