Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 11:19-30

“Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.” (Kisah Para Rasul 11:26)

Penganiayaan yang timbul setelah Stefanus dihukum mati, membuat jemaat tersebar sampai ke Fenesia, Siprus dan Antiokhia. Mereka tersebar untuk menghindari penganiayaan yang terjadi, tetapi hal ini membuka peluang bagi pemberitaan Injil, bahwa Yesus adalah Tuhan (ayat 19). Awalnya pemberitaan itu hanya kepada orang-orang Yahudi. Namun kini pemberitaan mereka sampai kepada orang-orang non Yahudi, yakni orang-orang Siprus dan Kirene yang tiba di Antiokhia, dan juga orang orang
Yunani yang di sana (ayat 20). Atas penyertaan tangan Tuhan, pemberitaan Injil yang mereka lakukan telah membawa banyak orang yang bertobat dan menjadi percaya kepada Tuhan (ayat 21).

Mendengar berita itu, jemaat di Yerusalem yang adalah pusat jemaat Tuhan pada waktu itu, menyambut gembira berita itu dan segera memberi perhatian khusus dengan mengutus Barnabas, seorang yang dikenal baik, penuh Roh Kudus dan iman (ayat 24), ke Antiokhia untuk melihat kasih karunia Allah yang tercurah atas bangsa-bangsa lain dan untuk meneguhkan iman mereka, serta menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan (ayat 23) dan bertumbuh di dalam iman.

Barnabas sadar bahwa untuk itu, jemaat Antiokhia membutuhkan bimbingan tambahan. Pada saat itu, ia teringat dengan Saulus dari Tarsus, lalu ia mencarinya dan membawanya ke Antiokhia untuk bersama-sama mendampingi jemaat yang sedang bertumbuh tersebut. Barnabas dan Paulus tinggal satu tahun lamanya melayani jemaat Antiokhia. Jemaat pun mengalami pertumbuhan rohani yang luar biasa; bahkan untuk pertama kalinya orang-orang percaya, yakni murid-murid itu disebut Kristen atau Kristus-Kristus kecil.

Melalui bagian ini kita belajar bahwa penganiayaan yang dialami oleh orang Kristen bukanlah halangan untuk menyatakan iman dan kesaksian kita sebagai orang-orang percaya; serta memberitakan Inji Yesus kepada mereka yang belum percaya bukan hanya untuk orang-orang sebangsa, tetapi juga untuk suku bangsa yang lainnya.

STUDI PRIBADI: (1) Apakah yang orang Kristen mula-mula lakukan yang tersebar karena aniaya? (2) Apa yang Barnabas dan Saulus lakukan bagi jemaat di Antiokhia? Hasilnya?

Pokok Doa: Berdoalah untuk lembaga misi dan gereja serta orang-orang Kristen di manapun berada agar tetap memberitakan Injil Yesus Kristus kepada mereka yang belum percaya.