Bacaan hari ini: Yohanes 15:18-27
“Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.” (Yohanes 15:20)

Bagian firman yang kita baca hari memberitahukan bahwa ada risiko yang mungkin terjadi ketika menjadi pengikut Tuhan. Orang Kristen, walaupun masih hidup di dalam dunia, status kita adalah orang yang sudah ditebus Allah dan memiliki kewargaan surga. Kita masih di dalam dunia, warga dunia tapi sekaligus sudah mendapat jaminan keselamatan di dalam Tuhan Yesus sebagai warga surga. Status dan hak sebagai warga surga sudah kita miliki dan kita nikmati ketika kita masih di dunia. Karena itu tidak heran jika dunia tidak senang dengan kita, sebab anak Tuhan walau masih hidup di dunia tetapi tujuan hidup, pola pikir dan cara kerjanya sudah berbeda. Apa yang kita pikirkan, kita kerjakan, itu semua kita pikirkan dan kerjakan di dalam terang Kristus, dan fokusnya bukan untuk diri kita, tetapi semua untuk kemuliaan nama Allah.

Jangan heran apabila ada anak Tuhan yang dibenci oleh dunia, karena jauh sebelum membenci kita mereka sudah lebih dahulu membenci Tuhan kita Yesus, menganiaya dan menyalibkan Dia di bukit Golgota. Apabila kita mengaku sebagai orang Kristen yang artinya kristus-kristus kecil (pengikut-pengikut Yesus), duniapun akan membenci Anda dan saya, ada harga yang harus kita bayar karena iman kita. Yesus datang untuk menyelamatkan manusia yang hidup di dalam gelimang dosa. Terang Kristus membuka aib dosa dunia. Dalam Kristus hanya ada terang, tak ada satu sudutpun dalam hati kita yang masih boleh menyimpan kegelapan dosa. Karena Kristuslah, manusia sadar akan dosa dan akibat dosa adalah maut, kematian kekal.

Tidak ada jalan lain untuk mendapatkan jalan keselamatan, kecuali di dalam Yesus Kristus. Orang yang telah dipilih Allah, karena kehadiran Kristus mereka akan meresponi dan menerima keselamatan dari Allah. Tetapi jangan lupa banyak dari mereka, orang-orang dunia yang memang senang hidup di dalam kegelapan, merekalah yang menjadi musuh Tuhan, membenci Tuhan dan tentunya membenci Anda dan saya karena iman kita kepada Kristus. Itulah harga yang harus kita bayar.

STUDI PRIBADI: (1) Mengapa dunia membenci kita sebagai pengikut Yesus? (2) Apakah yang harus kita lakukan untuk dunia yang membenci kita?
POKOK DOA: Berdoalah bagi setiap jemaat Tuhan agar di tengah-tengah kesulitan hidup yang mereka hadapi, mereka tetap bersaksi bagi Tuhan dan hidup setia dalam imannya kepada Tuhan.