Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 12:24-13:12

“Melihat apa yang telah terjadi itu, percayalah gubernur itu; ia takjub oleh ajaran.” (Kisah Para Rasul 13:12)

Barnabas dan Saulus berangkat ke Seleukia bersama dengan Yohanes Markus, yang membantu mereka dalam perjalanan. Inilah perjalanan misi Saulus yang pertama. Sebuah hal yang menarik terjadi ketika mereka berlayar ke Pafos; mereka mendapat undangan dari Gubernur Sergius Paulus untuk menjelaskan firman Tuhan. Di sana juga ada seorang tukang sihir dan nabi palsu bernama Baryesu atau disebut juga dengan Elimas (Bhs. Yunani), adalah kawan Gubernur. Gubernur Sergius Paulus sangat tertarik dengan firman Tuhan dan ingin percaya kepada Yesus. Namun Baryesus berusaha untuk menghalanginya. Maka Paulus menegurnya, mengatakan, “…Hai anak Iblis, engkau penuh dengan rupa-rupa tipu muslihat dan kejahatan, engkau musuh segala kebenaran, tidakkah engkau akan berhenti membelokkan jalan Tuhan yang lurus itu? Sekarang, lihatlah, tangan Tuhan datang menimpa engkau, dan engkau menjadi buta, beberapa hari lamanya engkau tidak dapat melihat matahari.” Dan terjadilah! Baryesus buta. Gubernur Sergius Paulus pun percaya kepada Tuhan Yesus.

Pekerjaan Roh Kudus tidak bisa dihalangi oleh siapapun bahkan oleh kuasa apapun. Kiranya Tuhan menolong dan menguatkan kita untuk tetap bersaksi kepada orang lain mengenai Injil Kabar Baik, bahwa Yesus mengasihi dan menyelamatkan manusia berdosa. Khususnya di tengah situasi sulit dan tidak menentu yang dialami oleh dunia pada masa pandemi saat ini. Di tengah situasi seperti ini, pasti ada orang-orang yang mencari pegangan dan kepastian hidup. Kadang mereka bisa salah jalan, seperti Baryesus yang bersekutu dengan kuasa gelap.

Percayalah bahwa Allah Roh Kudus menyertai dan memberikan kuasa-Nya kepada setiap orang percaya untuk dapat membawa orang lain percaya kepada Yesus. Respons orang tersebut bisa jadi cepat, ataupun lama. Janganlah kita berkecil hati, karena Roh Kudus tetap bekerja untuk menyadarkan setiap orang dari dosa dan menerima keselamatan di dalam Yesus Kristus.

STUDI PRIBADI: (1) Apa yang dilakukan Paulus di pulau Pafos? (2) Tantangan apakah yang dilakukan oleh Paulus di pulau Pafos Bagaimanakah Paulus mengatasi tantangan itu?

Pokok Doa: Berdoalah agar pemberitaan Injil terus dilakukan baik melalui multimedia, media social ataupun melalui verbal – agar orang-orang yang belum mengenal Kristus dapat mendengar berita tentang Kristus.