Bacaan hari ini: Matius 2:13-23
“Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir …” (Matius 2:13)

Teknologi GPS sangat membantu kita untuk berkendara kemana-mana dan tidak tersesat. GPS memberikan arah dan bahkan dapat menghindarkan kita dari kemacetan dan daerah yang berbahaya yang harus dihindari. Demikian juga di dalam hidup ini, kita juga membutuhkan tuntunan Tuhan agar kita tidak salah jalan dan terhindar dari mara bahaya.

Di dalam nas hari ini, Yusuf juga dituntun Tuhan dan diluputkan dari bahaya. Herodes berikhtiar untuk membunuh bayi Yesus, Sang Raja yang dicari dan disembah para majus. Melalui mimpi, Tuhan menuntun Yusuf untuk pergi ke Mesir. Mereka diluputkan dari pembantaian di Betlehem yang kejam. Matius 2:13-15 menuliskan: Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: “Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia.” Maka Yusuf pun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir, dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: “Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku. Melalui mimpi, Tuhan juga menuntun Yusuf kembali ke daerah Galilea dengan jaminan penjagaan Tuhan. Setelah Herodes mati, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi di Mesir, katanya: “Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya dan berangkatlah ke tanah Israel, karena mereka yang hendak membunuh Anak itu, sudah mati.” Lalu Yusuf pun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya dan pergi ke tanah Israel.

Bagaimana dengan hidup kita hari ini? Adakah kita mencari tuntunan Tuhan dalam hidup kita? Adakah kita bertekun dalam firman Tuhan ketika kita bingung arah hidup kita? Kita memerlukan Tuhan dalam hidup kita. Kita tidak bisa berjalan sendiri tanpa tuntunan dari Tuhan, Perancang hidup kita.

STUDI PRIBADI: (1) Bagaimana kehidupan saat teduh kita? Adakah kita mencari kehendak Tuhan melalui firman-Nya dengan sungguh setiap hari? (2) Pilihlah Dan bacalah sebuah buku rohani yang dapat mendekatkan relasi kita dengan Tuhan.
POKOK DOA: Berdoalah agar Anda boleh menjalani hari ini dengan hati yang peka kepada Tuhan. Doakan agar Anda boleh menjadi berkat bagi sesama dan memuliakan Tuhan sepanjang hari ini.