Bacaan hari ini: Daniel 12
“Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian kekal.” (Daniel 12:2)

Percayalah bahwa setiap manusia pasti mendapat bagiannya masing-masing pada kesudahan zaman! Pertanyaannya, apakah bagian kita ketika kesudahan zaman nanti? Sebagaimana penglihatan Daniel tentang akhir zaman, ia melihat Mikhael sebagai pemimpin besar yang akan membela umat Allah, dan dalam penglihatan itu Daniel melihat suatu masa kesesakan yang besar. Namun orang pilihan Allah akan terluput dari masa kesesakan itu. Mereka yang telah meninggal akan dibangkitkan untuk mendapat hidup kekal dan ada yang mendapat kehinaan maupun kengerian kekal. Sepertinya orang-orang pilihan adalah orang-orang bijaksana yang telah menuntun banyak orang yang belum percaya pada kebenaran, sehingga merekalah yang mendapatkan hidup kekal (lihat ay. 2 dan 3).

Kita perlu bersyukur karena (ay. 4) kita diingatkan sebuah fakta bahwa sejak zaman Daniel sampai pada zaman para rasul dalam Perjanjian Baru, ada orang-orang yang menyelidiki hingga akhirnya menemukan kebenaran dalam Firman Allah. Bahkan hingga saat ini, kebenaran itu terus menjadi pegangan hidup orang percaya karena terbukti kebenaran Firman Allah itu tidak pernah berubah dalam sepanjang sejarah.

Sungguh Tuhan akan menggenapi Firman-Nya! Sebagaimana Firman berkata bahwa untuk mendapatkan bagian yang terbaik yaitu hidup kekal, setiap umat pilihan akan terus disucikan dan dimurnikan dan diuji. Maka jika saat ini orang percaya menghadapi ujian ataupun pencobaan yang Tuhan ijinkan boleh terjadi, ingatlah bahwa itu adalah bagian pemurian yang Tuhan kerjakan dalam kehidupan umat Allah seperti disampaikan pada ayat 10.

Sebagaimana Daniel dalam peristirahatan juga mendapat bagian pada kesudahan zaman, maka kita pun dengan penuh pengharapan dan iman, tetap menantikan kedatangan Tuhan Yesus untuk menjemput kita masuk ke dalam kerajaan-Nya dan memperoleh bagian kita sesudah kesudahan zaman, yaitu hidup kekal. Dan inilah kebahagiaan sejati, yaitu orang-orang percaya yang terus menanti-nantikan waktu Tuhan, waktu dimana kita akan masuk dalam kerajaan Sorga.

STUDI PRIBADI: Baca kembali ayat 3, buatlah sebuah komitmen berupa tindakan praktis yang Anda akan lakukan untuk membawa orang lain pada kebenaran!
POKOK DOA: Berdoalah agar Tuhan memampukan kita, umat-Nya untuk tetap setia menanti-nantikan Tuhan sambil terus menjadi terang yang dapat dilihat oleh mereka yang belum percaya kepada Yesus.