Bacaan hari ini: Daniel 11:2-45
“Beberapa dari orang bijak tersandung dan membuat kesalahan. Penganiayaan harus datang sehingga mereka dapat menjadi kuat dan murni sampai akhir zaman. Kemudian pada waktu yang tepat, akhir zaman datang.” (Daniel 11:35, VMD)

Sepanjang sejarah penebusan kita melihat begitu banyak tantangan yang dihadapi umat pilihan Allah. Khususnya pada zaman Daniel, Tuhan menunjukkan sebuah penglihatan kepada Daniel mengenai tantangan yang akan dihadapi Israel, umat pilihan Allah, setelah mereka dipulihkan dari pembuangan di Babel sebagai suatu bangsa.

Firman Tuhan terus-menerus digenapi seperti tercatat dalam sejarah dan beberapa tafsiran Alkitab. Ada 4 raja Persia merupakan pengenapan yang dimaksud dalam ayat 2: Pertama, Cambyses, anak koresi (529 SM); kedua, Pseudo-Smerdi (522 SM); Ketiga, Darius I atau Hystaspes (522-486 SM); keempat, Xerxes atau Ahasyweros (486-464 SM). Kemudian yang dimaksudkan pada ayat 3-4 adalah bangsa Yunani di bawah pemerintahan Alexander. Ayat 3-35 merupakan nubuatan tentang Siria (Kerajaan utara) dan Mesir (Kerajaan Selatan) yang saling bermusuhan dan terlibat konflik dengan orang-orang Yahudi. Kemudian sosok yang diperkenalkan sebagai “seorang yang hina” dalam ayat 21 berbicara tentang Antiokhus Epifanes (175-163 SM). Namun, ketika kita membaca ayat 36-45, kita menemukan sebuah nubuatan yang mengarahkan pada tantangan akhir zaman, yaitu penguasa akhir zaman. Khusus sosok “raja itu akan berbuat sekehendak hati…” (ay. 36), dihubungkan dengan 2 Tesalonika 2:3-4 dan Wahyu 13:5-6 sebagai penguasa di akhir zaman.

Kita, umat Tuhan, perlu bersyukur karena sebelum semua terjadi, Allah telah memberitahukan kepada kita apa yang akan terjadi. Kita diberikan tanggung jawab untuk menguasai diri ketika menghadapi tantangan iman. Kita dituntut agar tetap bertahan menghadapi setiap tantangan pada akhir zaman ini. Ayat 35 terjemahan Versi Mudah Dibaca (VMD) mengatakan, “beberapa dari orang bijak tersandung dan membuat kesalahan. Penganiayaan harus datang sehingga mereka dapat menjadi kuat dan murni sampai akhir zaman. Kemudian pada waktu yang tepat, akhir zaman datang.” Maka dari itu, tetaplah setia dan mengandalkan Tuhan dalam setiap tantangan yang kita hadapi pada zaman akhir ini.

STUDI PRIBADI: Apa tantangan iman yang saat ini sedang terjadi, yang lebih mendekatkan diri Anda kepada Allah dan memohon pertolongan-Nya?
POKOK DOA: Berdoa agar Tuhan menolong kita tetap tenang dan menguasai diri menghadapi setiap tantangan yang ada di depan kita sebab kesudahan segala sesuatu sudah dekat.Firman-Mu; kita rutin membaca, merenungkan dan melakukannya sesuai perintah-Mu, Amin.