Bacaan hari ini: Matius 6
“Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.” (Matius 6:6)

Ketika memikirkan kembali tema tentang berdoa maka kita perlu waspada dengan beberapa gejala yang dapat dialami orang Kristen dalam kaitannya dengan kehidupan doa. Ada orang Kristen yang tidak suka berdoa, bahkan tidak berpikir untuk berdoa, artinya berdoa adalah hal yang dirasa kurang penting dalam hidupnya. Tentunya ketika melihat hal ini maka kita memahami ada sesuatu yang salah dengan kehidupan rohaninya di hadapan Tuhan. Terkadang sikap yang demikian muncul karena dia merasa bahwa berdoa tidak akan mengubah apa-apa, karena apa yang saya minta ternyata tidak pernah diberikan oleh Tuhan. Doa baginya hanya meminta sesuatu kepada Allah, dan apabila Allah tidak memberikan maka dia berhak untuk kecewa.

Tetapi bagi mereka yang suka berdoa, firman Tuhan juga mengingatkan bahwa ada dua sikap doa yang tidak tepat di hadapan Allah. Sikap pertama adalah menjadikan doa hanya sebagai ritual atau tindakan beragama semata. Tentunya hal ini tidaklah diinginkan oleh orang percaya, tetapi ternyata dapat terjadi tanpa disadari. Sikap kedua adalah doa yang sifatnya mekanis, artinya doa ini hanya bertujuan untuk mendapatkan apa yang diminta. Biasanya orang seperti ini akan sibuk dengan mencari tips atau tuntunan bagaimana berdoa yang dijawab oleh Allah. Dia akan belajar firman, bertanya, membaca buku, dengan tujuan mendapatkan “kunci” untuk berdoa yang manjur, yaitu dijawab Allah.

Firman Tuhan mengingatkan kita bahwa berdoa adalah sebuah relasi dengan Tuhan. Oleh karena itu, Tuhan Yesus mengatakan bahwa dalam doa carilah Tuhan, walau kita berdoa dalam tempat tersembunyi yang tidak dilihat orang sekalipun, marilah kita benar-benar mencari Allah. Juga ketika berdoa carilah akan kehendak-Nya dan bukan memaksakan keinginan kita sendiri. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan ketika kita menaikkan permintaan kita kepada Tuhan. Berdoalah untuk membina relasi dengan Tuhan, bukan sekadar meminta-minta kepada-Nya.

STUDI PRIBADI: Apa sikap-sikap berdoa yang kurang tepat di hadapan Allah?
POKOK DOA: Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar mempunyai relasi yang baik dengan Tuhan dalam doa setiap hari, sehingga jemaat mengerti apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidupnya.