“Sebab kami hendak menghindarkan hal ini: bahwa ada orang yang dapat mencela kami dalam hal pelayanan kasih yang kami lakukan dan yang hasilnya sebesar ini.” (2 Korintus 8:20)

Bacaan hari ini: 2 Korintus 8:16-24

Negara Kesatuan Republik Indonesia dikenal sebagai negara yang agamis. Kehidupan beragama di negara kita sangat diperhatikan, bahkan dalam sistem pemerintahan kita, ada departemen setingka kementerian yang khusus menangani masalah kehidupan beragama. Ironisnya, selama puluhan tahun juga, perilaku korupsi tidak pernah surut dalam kehidupan bernegara kita. Justru, di lingkaran-lingkaran yang religius, perilaku korupsi justru merajalela.

Rasul Paulus sangat menyadari betapa pentingnya kepercayaan jemaat kepada integritas kehidupan pelayanannya, khususnya ketika mereka mengumpulkan sumbangan dari jemaat Korintus untuk menolong jemaat yang miskin di Yerusalem. Untuk mempertanggungjawabkannya, Paulus mengutus beberapa orang untuk membantu pelayanan di Korintus. Salah satu yang diutusnya adalah Titus. Dia dan rekan lainnya diutus Paulus karena dikenal oleh jemaat Korintus sebagai pribadi yang sukarela, memiliki kualitas pelayanan yang baik dan terpuji, suka menolong, dan juga dipercaya oleh jemaat-jemaat dari daerah lain.

Gabungan kualitas inilah yang dianggap oleh Paulus mampu untuk mewakili integritas para pelayan Tuhan yang bertanggung jawab dan memuliakan Kristus, sehingga dikatakannya, “Titus adalah temanku yang bekerja bersama-sama dengan aku untuk kamu; saudara-saudara kami yang lain itu adalah utusan jemaat-jemaat dan suatu kemuliaan bagi Kristus” (bnd. ay. 23). Kualitas inilah yang juga seharusnya menjadi teladan dan tujuan kita, agar tidak hanya kepercayaan dari saudara seiman kita dapatkan, terlebih nama Tuhan Yesus juga dimuliakan melalui pelayanan kita. Apabila kita sanggup untuk memperjuangkan nilai-nilai ini dalam setiap sisi kehidupan sesehari kita, niscaya nama Tuhan Yesus Kristus juga akan dimuliakan di negeri kita tercinta. Soli Deo Gloria!

STUDI PRIBADI: Tuhan, sudahkah kebenaran-Mu mewarnai integritas segenap hidupku hari ini?

Pokok Doa: Berdoalah memohon agar Roh Kudus menolong kita untuk bisa hidup bersesuaian dengan kebenaran Ilahi, agar hidup pelayanan kita tidak tercela dan memuliakan nama Tuhan.