Bacaan hari ini: Matius 4:1-17
“Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia.” (Matius 4:25a)

Setelah Allah Bapa memperkenalkan Yesus sebagai Anak Allah (Mat. 3:17), Roh Allah memimpin Yesus ke padang gurun untuk dicobai Iblis meskipun Iblis sudah mengenal Yesus adalah Anak Allah yang menjadi manusia. Perjumpaan dengan Yesus membuat Iblis semakin tahu Yesus bahwa Dia tidak pernah dapat berbuat dosa. Dan melalui ungkapan, “Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan Allahmu” (Mat. 4:7), Yesus mematahkan godaan Iblis sekaligus memperkenalkan dengan tegas identitas-Nya.

Selanjutnya ialah perjumpaan Yesus dengan para nelayan. Injil Lukas cukup detail menceritakan perjumpaan mereka yang diawali kedatangan Yesus ke perahu Simon Petrus untuk mengajar orang banyak dari atas perahu itu. Setelah mengajar, Yesus menyuruh Simon bertolak ke tempat yang dalam untuk menebarkan jala. Para nelayan sempat memberitahukan kepada Yesus bahwa mereka telah semalaman tidak mendapatkan ikan, namun karena permintaan itu disampaikan oleh Yesus yang mereka kenal sebagai guru, mereka pun melakukannya. Dan mereka dapat menangkap sejumlah besar ikan. Karena kejadian tersebut, mereka semakin mengenal Yesus sebagai Tuhan lebih dari seorang guru (bnd. Luk. 5:1-11). Akhirnya Yesus mengajak mereka mengikut-Nya dan mereka mulai mengikut Yesus.

Kemudian setelah peristiwa penangkapan Yohanes Pembabtis (Mat. 4:12), Yesus datang ke Galilea untuk memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melakukan banyak mujizat. Apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus ini membuatnya semakin dikenal oleh masyarakat luas (bnd. ayat 24).

Memang, untuk dapat mengenali Yesus dengan benar, setiap orang perlu berjumpa secara pribadi dengan-Nya. Tanpa sebuah perjumpaan secara pribadi, setiap orang tidak mungkin mengenal Yesus dengan benar dan tanpa pengenalan yang benar tentang Yesus, orang tidak mungkin bisa menjadi murid yang sejati. Perjumpaan dan pengenalan yang benar akan dikerjakan Allah bagi kita melalui tuntunan Roh Kudus, untuk itu kita harus tetap setia mengikuti Dia.

STUDI PRIBADI: Sudahkah Anda berjumpa dan mengenal Yesus? Buatlah komitmen untuk berjumpa terus-menerus dengan Yesus agar semakin mengenal pribadi-Nya.
POKOK DOA: Doakan agar setiap orang dapat berjumpa dengan Yesus dan mengenal pribadi Yesus dengan benar dan doakan agar setiap jemaat Tuhan tetap setia mengikut Yesus.