Bacaan hari ini: Matius 4:18-25
“Yesus berkata kepada mereka: Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” (Matius 4:19)

Matius 4:18-22 mencatat cara Tuhan Yesus memanggil murid-murid-Nya. Cara Kristus memanggil murid-murid-Nya berbeda dengan kebiasaan para Rabi masa itu. Biasanya seorang muridlah yang akan mencari seorang guru baginya dan kemudian belajar kepada Rabi tersebut. Tetapi Matius mencatat panggilan menjadi murid adalah murni inisiatif dari sang Guru Agung, yaitu Tuhan Yesus. Mereka menjadi murid Yesus bukan karena kehendak sendiri melainkan karena panggilan dari Allah sendiri. Yang kedua, panggilan ini tidak akan berhenti hingga seorang murid lulus dan kemudian menjadi guru. Panggilan menjadi murid Kristus adalah panggilan seumur hidup untuk meneladani-Nya.

Yesus memberikan sebuah model tentang bagaimana para murid ini. Pertama, mereka akan menjadi penjala manusia. Latar belakang Simon Petrus dan Andreas menolong kita memahaminya. Mereka sebelumnya adalah nelayan di Galilea yang pekerjaannya menangkap ikan. Sekarang mereka akan dijadikan Kristus penjala manusia. Fokus mereka bukan lagi kepada ikan, tetapi pada manusia yang belum percaya. Tuhan mau mereka melakukan kehendak-Nya.

Kedua, yang Tuhan kerjakan adalah memberi contoh bagaimana Injil Kerajaan Sorga itu diberitakan (23-25). Yesuslah yang bergerak dan Ia mencari mereka yang membutuhkan Injil. Ia datang ke dalam rumah Ibadah dan mengajarkan tentang kebenaran Injil. Ia juga datang kepada mereka yang menderita dan sakit.

Demikian juga, Yesus memanggil kita dan sedang menjadikan kita sebagai penjala manusia bagi Kerajaan Allah. Panggilan itu bukan atas kehendak kita sendiri, melainkan karena kehendak Allah dan Kristus yang akan terus membentuk kita menjadi penjala manusia bagi-Nya.

Seorang penjala manusia tidak pernah berdiam diri di tempatnya dan menunggu orang-orang untuk mendatanginya. Seorang penjala manusia akan terus digerakkan oleh Injil Kerajaan Allah, untuk mencari dan untuk menemukan mereka yang hidup jauh dari Allah. Mereka akan membawa setiap orang yang belum percaya, bertemu dengan sang Juruselamat.

STUDI PRIBADI: Apakah yang Tuhan kehendaki untuk dilakukan Petrus dan Andreas?
POKOK DOA: Tuhan Yesus, Empunya Kerajaan Sorga, jadikan kami sekalian para penjala ikan yang mau hidup taat dan sesuai dengan kemauan Tuhan dan bukan kemauan kami, Amin.