Bacaan hari ini: Yohanes 20:11-23
“Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: ‘Aku telah melihat Tuhan!’ dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.” (Yohanes 20:18)

Dalam Injil Yohanes diceritakan bahwa Tuhan Yesus menampakkan diri pertama kalinya kepada Maria Magdalena? Pertanyaannya: Mengapa Yesus tidak menampakkan diri kepada Petrus, Yohanes, atau ibu-Nya atau murid-murid yang lain? Mengapa harus menampakkan diri kepada Maria Magdalena?

Perhatikan bahwa Maria Magdalena bukanlah orang yang dekat sekali dengan Yesus Kristus. Ia juga bukan murid yang dikasihi. Dia adalah orang yang dilepaskan dari 7 roh jahat oleh Yesus Kristus (bnd. Lukas 8:2). Pada waktu Yesus Kristus disalibkan dan dikuburkan, ia ada di sana bersama beberapa wanita (bnd. Mark.15:40, 47; 16:1). Injil Yohanes melaporkan bahwa Maria berdiri dekat kubur Yesus Kristus dan menangis dengan begitu sedih (bnd. Yoh.20:11). Seorang penafsir menuliskan: Setelah memberitakan kepada mereka bahwa kubur itu kosong, Maria kembali ke kubur dan menangis. Kita tidak mengetahui apakah dia bertemu dengan Petrus dan Johanes, dan apakah Yohanes berkesempatan menceritakan keyakinannya bahwa Tuhan Yesus bangkit. Dia menangis, bukan saja karena Tuhan Yesus yang dia kasihi mati, tetapi karena mayat-Nya diambil orang, dan tidak dapat dikuburkan secara layak. Penguburan yang layak sangat penting dalam budaya Timur Tengah.

Sampai bagian ini, tidak ada alasan berarti untuk menjawab mengapa harus Maria Magdalena yang pertama kali dijumpai Yesus Kristus setelah DIA bangkit? Namun satu hal yang pasti, bahwa melalui peristiwa ini, Yesus Kristus ingin menyatakan kebangkitan-Nya kepada orang-orang yang lemah/tidak berdaya. Bagi mereka yang mengasihi dan bersandar kepada Yesus, kebangkitan-Nya memberikan pengharapan dan sukacita. Hari ini banyak orang menolak percaya kepada kisah kebangkitan Kristus, karena peristiwa itu tidak logis, atau peristiwa itu hanya mitos semata. Namun bagi kita yang mengasihi-Nya, kebangkitan Kristus menjadi peristiwa yang mendatangkan pengharapan dan sukacita. Adakah pengharapan dan sukacita itu nyata dalam memperingati kebangkitan Kristus?

STUDI PRIBADI: (1) Apa yang dilakukan Maria Magdalena di kubur Yesus? (2) Ceritakanlah apa yang terjadi setelah Malaikat Tuhan menyatakan diri kepada Maria Magdalena!
POKOK DOA: Biarlah hati kami terus bersandar dan berharap kepada Tuhan yang telah bangkit dari kematian dan biarlah hari-hari kami berkobar-kobar memberitakan Injil Keselamatan-Mu, Amin.