Bacaan hari ini: Matius 25:31-46
Maka Ia akan menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku.” (Matius 25:45)

Tuhan Yesus sekali lagi memberikan gambaran tentang penghakiman Tyang terakhir, yaitu “Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya. Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya.”

Kemudian Raja itu memberikan pujian kepada kawanan domba tetapi memberikan teguran kepada kawanan (kelompok) kambing. Sehingga persoalan yang terlihat jelas pada bagian Firman Tuhan adalah, “Kawanan domba telah memperlakukan Kristus dengan baik. Sedangkan kawanan kambing, tidak memperlakukan Kristus dengan baik”. Maka, pertanyaan yang sama dilontarkan oleh kawanan domba dan kambing, yaitu, “Kapan kami melihat Kristus dan memperlakukan Kristus sesuai dengan apa yang diharapkan-Nya?” Dan, Raja kembali menjelaskan bahwa, “apabila engkau memperlakukan salah satu dari sesamamu yang kelaparan, telanjang dan membutuhkan pertolongan, engkau telah melakukannya untuk Aku.” Dengan demikian, perumpamaan ini, hendak mengingatkan kita bahwa: pertama, Allah sangat memperhatikan bagaimana kita memperlakukan sesama dengan baik dan benar. Kedua, Allah menghendaki setiap anak-Nya memiliki kehidupan yang dapat memberikan pengaruh yang positif dalam dunia ini, seperti menjadi terang dan garam dunia.

Marilah kita selalu mewaspadai kehidupan ini bahwa memang sebagai umat Allah kita diselamatkan bukan karena perbuatan baik kita. Tapi setiap umat Allah yang sudah beroleh anugerah keselamatan, tidak boleh berhenti untuk berbuat baik kepada sesamanya. Oleh sebab itu, bagi kita yang selalu hidup menjadi terang dan garam dunia, nantikanlah pujian yang akan Tuhan, Sang Raja diatas segala raja, berikan kepada setiap diri kita, saat kita berjumpa dengan-Nya di Kerajaan Sorga.

STUDI PRIBADI: (1) Apa yang Tuhan kehendaki untuk orang percaya lakukan dalam renungan ini? (2) Sudahkah kita melakukan apa yang Tuhan kehendaki dalam kehidupan kita?
POKOK DOA: Berdoalah bagi setiap orang Kristen agar mereka dimampukan oleh Roh Kudus untuk melakukan kehendak Tuhan atas kehidupan mereka, sehingga memuliakan nama-Nya, Amin.