Bacaan hari ini: Yohanes 14:1-14
“Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.” (Yohanes 14:11)

Kematian adalah sebuah realita yang tidak terhindarkan. Namun bagi orang yang sungguh percaya kepada Tuhan Yesus, kita tidak perlu takut menghadapi kematian. Karena walaupun tubuh kita mati, roh kita akan kembali ke rumah Bapa. Untuk itu, yang perlu kita renungkan adalah: apa yang perlu kita lakukan sebelum kembali ke rumah Bapa?

Pada ayat 1-3, Yesus mengingatkan kita, agar sebelum pergi ke rumah Bapa, kita harus percaya kepada Allah. Kehidupan yang penuh ketakukan akan dialami oleh mereka yang tidak punya kepastian kemana mereka pergi setelah kematian. Namun bagi kita yang percaya kepada Allah, Yesus telah menyiapkan tempat dan kita akan tinggal bersama-Nya.

Dalam ayat 4-9, Yesus memberitahukan kita untuk mengenal Dia sebelum kembali ke Rumah Bapa. Rupanya Tomas yang dikenal sebagai murid yang ragu-ragu (bdk. Yoh.20:24-25) dan Filipus tidak memperhatikan dengan baik penjelasan Yesus tentang diri-Nya. Sehingga Yesus kembali memberi penjelasan kepada mereka agar mereka mengenal Yesus dengan baik dan benar. Hal ini penting karena tanpa pengenalan yang baik dan benar maka hidup akan dipenuhi dengan keraguan untuk percaya kepada Yesus dan jaminan keselamatan yang Dia berikan.

Kemudian pada ayat 10-14, Yesus mau agar kita melakukan pekerjaan seperti Yesus lakukan sebelum kembali ke rumah Bapa. Yesus datang untuk mengerjakan “proyek besar Allah”, yaitu menyelamatkan manusia. Ketika Yesus di atas kayu salib dan Ia berkata “Sudah Selesai”, pada saat itu Yesus mengonfirmasi bahwa tugas-Nya selama di dunia, terselesaikan. Inilah yang Yesus mau, agar kita pun terus mengerjakan keselamatan kita dalam ketaatan dan kesetiaan, sebagaimana Yesus telah menyelesaikan pekerjaan-Nya selama berada di dunia.

Melalui perenungan hari ini, kita diingatkan bahwa Tuhan Yesus telah naik ke Sorga dan menyediakan tempat bagi setiap kita yang percaya kepada-Nya. Maka dari itu, sebelum kita kembali ke rumah Bapa, kita tidak perlu takut, tetapi marilah kita tetap percaya kepada Yesus Tuhan dan Juruselamat kita.

STUDI PRIBADI: Tuliskan janji yang Tuhan Yesus nyatakan di dalam Yohanes 14:1-14?
POKOK DOA: Berdoalah agar Tuhan menolong setiap jemaat Tuhan ketika mengalami ketakutan. Berdoa agar jemaat Tuhan terus percaya, memiliki pengenalan yang baik dan benar kepada Tuhan Yesus.